Senin, 01 November 2010

The Vines @Java Rockin' Land 2010!

Diposting oleh anindita di 13.03
Tanggal 10 Oktober 2010 lalu saya menonton Java Rockin’ Land di Ancol. Sudah cukup lama ya, tapi baru sempat saya tulis pengalamannya sekarang, heuheu. Berbeda dari konser sebelumnya, konser ini berakhir tanpa satu pun jepretan yang layak tampil, hahaha! Alasannya karena teman saya yang punya kamera nyaris-DSLR gak ngecek kalo dia lupa bawa memory card, sementara kapasitas simpan kamera tersebut minim sekali, cuma bisa dapat 20-an gambar.

Tujuan saya nonton acara ini tak lain dan tak bukan untuk menonton The Vines dan Wolfmother. Sayang sekali gak sekalian ditambah Silverchair yah. Tapi dengan tiket 149.500 saja (harga pelajar!), saya udah kejang-kejang gembira. Saya sampai di Ancol pukul 5 sore, cukup waktu untuk mencari lokasi sekaligus mengamankan spot di depan panggung. Perkiraan di jadwal sih The Vines akan tampil jam 6 sore dan Wolfmother jam 7.15, dan setelah saya cek, panggung mereka tepat bersebelahan.

Craig Nicholls (dua dari kanan) used to be this skinny.
THE VINES

Posisi saya di baris ketiga dari mulut panggung. Cukup aman meskipun keberadaan penonton-penonton menyebalkan yang mungkin cuma tau 1-2 lagu mereka doang tidak dapat dihindari. Apa boleh buat ya, namanya juga festival, bukan konser sendiri. Di belakang saya ada rombongan pemuda yang terus berceloteh dalam bahasa Sunda (jadi saya tebak, mungkin mereka dari luar kota) dan suka heboh sendiri. Sayang saya gak ngerti, keliatannya sih lucu, terbukti mbak-mbak di sebelah saya yang gak kenal mereka ketawa sampe ngebungkuk-bungkuk, pacarnya sampe kerepotan nenanginnya.



The Vines muncul tepat pukul 6 sore. Ryan Griffiths naik ke atas panggung pake crutch, sehingga untuk mainin gitar dia mesti duduk di kursi. Dan ya ampun Craig Nicholls sekarang guenduuuuuttttttt buangeeeetttt. Gak pake bohong, ibu hamil aja naik gak sampe segitunya kale, mungkin ada 20-an kilo itu naik dari sejak jaman-jaman video klip Get Free. Rambutnya tetap di-gel secara liar gitu dong, tapi perutnya membuncah gak karuan. Maaf yah kalo berbau fisik banget, saya suka sedih kalo liat musisi yang saya sukai dalam jangka waktu cuma berapa tahun berubah bentuk atau jadi gak terawat gitu. Ihiks. Dan karena salah satu faktor pendukung saya nonton The Vines karena pingin liat Craig Nicholls went crazy on stage (terlepas dari Asperger’s Syndrome yang diidapnya ya, saya tetap suka stage actnya – banting gitar, menghancurkan instrumen, meracau, dll), begitu melihat badannya sekarang, saya sudah berpikir dia akan sangat terkendala fisik dalam melakukannya. Tau gak dia pernah mukul kepala bassist terdahulu pake gitar sampai dia keluar dari band? Atau tiba-tiba mengata-ngatai penonton dan wawancara dengan his famous lines “Krap Krap Krap” di sini? Hahaha, well, itulah kenapa aksi panggungnya saya tunggu-tunggu.


and now he's.. healthy. (sumber: KompasImages) 
Lagu Dope Train dinyanyiin untuk membuka acara. Ah, The Vines masih sekeren dahulu kala *terharu*. Suara Craig Nicholls masih cukup stabil dan terjaga, cara dia berteriak juga masih okeh, dan dia masih atraktif! Ya tidak terlalu atraktif juga sih, maksudnya cara dia memelintir-melintir gitar, berbaring di atas panggung, loncat-loncat gak karuan, membuktikan bahwa fisik bukan hambatan.

Ngomong-ngomong mereka menyanyikan 2 buah lagu baru kalo gak salah, saya gak ingat judulnya. Lumayan juga, selain itu ketika mereka nyanyiin Ms Jackson (cover version dari Outkast) secara akustik, tiba-tiba banyak yang nyanyi dong. Ketauan ya cuma hapal lagu ini (_ _'), secara di lagu lain gak serame ini sing-along-nya. Dan klimaks konser ada di lagu Ride, serta lagu penutup, tidak lain dan tidak bukan, Get Free.

Nah, di lagu Get Free ini, massa bergerak liar, loncat sana sini sehingga tidak memungkinkan untuk memotret apalagi merekam. Tiba-tiba di akhir lagu, Craig mengangkat gitarnya sambil cengar-cengir, lalu mengayunkannya ke bawah… seolah-olah mau membantingnya. Dan dia melakukannya berkali-kali, bukan membantingnya loh, tapi seolah-olah mau membantingnya. Aneh bukan?? Apa dia sudah dicuci otak?? Kenapa dia jadi terlihat agak sungkan/malu-malu/amatiran begini? Banting ya banting aja, tunjukkan kejantananmu, Craig! Setelah berkali-kali berpura-pura, baru itu gitar dibanting. Dan masih mengesankan gitar itu dibanting tidak dengan keikhlasan loh, gak terlalu keras. Setelah itu dia mengacak-acak drum set dan.. hmm, kurang sangar kalo menurut saya, hahaha. Media sih nulisnya udah heboh banget, padahal segitu mah kadarnya gak seberapa. Kalau diingat-ingat lagi, sepanjang konser juga dia agak murah senyum lo. Ah keliatannya Craig Nicholls sudah sembuh, jadi sedih, hihihi. Bisa cari rekamannya di Youtube saudara-saudara, maaf saya tidak menyertakan link.
Rate: 7/10 (durasi cukup, stage act dan interaksi lumayan, setlist bagus, venue asik)

Set-list (seingat saya, tidak berurutan):

Dope Train, In The Jungle, Vision Valley, Ms Jackson, Ride, Don't Listen to The Radio, Mary Jane, Fuck The World, Winning Days, Outtathaway, 1969, Ain't No Room, Highly Evolved, Sun Child, He's a Rocker, Gross Out, Get Free (plus lagu baru)

episode Wolfmother di entri selanjutnya!

0 komentar:

Posting Komentar

 

brisk swish and a new day Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos