Rabu, 25 Desember 2013

cerita soal shopping dokter kandungan

Diposting oleh anindita di 16.52
Emang dasar susah puas, periksain adek bayi aja sampe bergonta-ganti gini :D  Namanya juga anak pertama, maklumin aja ya, ihihihi.

1. Bidan Dyah Tutiasih, Jurangmangu

Ini hasil rekomendasi temennya suami yang istrinya udah 2x melahirkan normal di situ. Insya Allah sih kalau semua berjalan lancar kita pengin di bidan ini aja. Murah, privacy dan comfort lebih berasa, dan beliau juga praktisi hypnobirthing, jadi sudah pasti pro normal, ASI, dan IMD; sesuailah sama kriteria kita. Pertama kali periksa kehamilan di sini kebetulan ditangani ibunya langsung, dan beliau bilang kalau kita bisa USG juga di sini dengan biaya 80 ribu rupiah. Sayangnyaaa... pas pemeriksaan selanjutnya, enggak pernah ketemu ibunya lagi euy, gak pernah deh ngerasain USG itu. Mungkin karena kita cuma punya waktu weekend doang sih, jadi gak pernah ketemu. Apa boleh buat, karena rencana awal masih pengin melahirkan di sini jadi tiap bulan kami tetap kontrol, namun untuk keperluan USG kita beralih ke tempat lain. Oh iya, kalau kita melahirkan di sini dan ada kondisi emergency pihak bidan bakal mentransfer kita ke RS kok, dan diusahakan banget buat ditangani oleh obgyn cewek.

2. dr. Riyana Kadarsari, SpOG, Klinik Permata Bintaro

Susah-susah gampang nyari obgyn cewek di bilangan Tangerang Selatan dan sekitarnya, tapi alhamdulillah hasil browsing sana-sini mempertemukan saya dengan ibu ini. Beliau udah terkenal pro ASI, pro IMD, dan pro gentle birth. Klinik ini bahkan dulunya melayani water birth lo, sebelum adanya edaran IDI yang melarang hal tersebut. Sayang sih beliau udah gak praktik di RS Sari Asih yang dicover askes, tapi biaya periksa di klinik ini rupanya juga gak begitu mahal, masih di bawah 200ribu tanpa resep (saya menolak resep karena masih ada vitamin dari bidan). 

Dokter ini baik banget dan santai. Salah satu penjelasannya yang saya inget adalah waktu suami mengkhawatirkan rencana kami mudik Lebaran naik pesawat dalam keadaan hamil muda, si dokter menjawab: "saya aja kemaren naik rollercoaster di Singapura sama anak-anak, gak tau kalo lagi hamil 8 minggu" Suami pun syokkk, hahahaha. Tapi beliau melanjutkan, kalau di trimester awal, resiko keguguran dan semacamnya itu pada dasarnya karena seleksi alam, pertumbuhan janin yang tidak sempurna, ataupun pengaruh kualitas sperma atau ovum yang membentuknya, bukan karena faktor eksternal. Jadi mau naik rollercoaster atau pesawat sekalipun kalau embrionya emang kuat ya gak bakal ada masalah *manggut-manggut*

Nahh, sudah saya bilang kan kalau bu dokter ini lagi hamil? Dan bulan depannya beliau mulai cuti doongg.. Hahaha, timing yang sungguh tidak pas. Berdasarkan info yang saya dapat, setelah melahirkan pun beliau mengurangi kerjaan demi mengupayakan ASIX. Baru berkantor lagi di klinik ini Februari 2014. Yah, bye bye deh.

3. dr. Wisnu Setyawan, SpOG, RS Sari Asih Ciputat

Ini sudah rada sembarangan milih, ga pake browsing dulu. Usia kandungan waktu itu udah 16 minggu dan belom sekalipun ngalamin pemeriksaan lewat USG. Berhubung cuma punya waktu weekend, kamipun mencoba ke RS IMC yang punya jadwal hari Sabtu. Nyebelinnya, si resepsionis gak nginformasiin kita kalau si dokter gak jadi praktik, padahal kita nungguin berjam-jam dan udah ninggalin nomor hape. Akhirnya kita pun pindah ke Sari Asih habis maghrib, dan baru dipanggil jam setengah 12 malam, saudara-saudara! Rada kapok deh, bener-bener jadi orang yang diperiksa paling terakhir -__-

Untungnya, pak dokter orangnya juga baik banget, ramah, dan seneng berbasa-basi. Kita pun puas banget dengan pemeriksaan USG karena adek bayi di layar udah bisa bergerak-gerak meskipun emaknya belom bisa ngerasa. Btw, layar USGnya bagus, jernih, dan posisinya tepat di depan tempat tidur. Dokternya juga asik banget, mindah-mindahin posisi viewing buat kita nikmati, gak sekedar ngukur-ngukur doang. Kekurangannya cuma satu: udah kemaleman bok! Alhasil si pak dokter kayaknya udah rada gak konsen dan kecapekan, lupa kalau kita minta print USG, dan agak-agak lupa juga kalau pertanyaannya tadi udah dijawab. Untung kinerjanya tetap memuaskan. Oh iya, karena kami datang tanpa rujukan, bayarnya jelas lebih mahal, tapi masih di bawah 200 ribu lah (lagi-lagi kita gak minta resep karena udah dikasih bidan seminggu sebelumnya, nyari USG doang sih, hihi). Kalau pake askes pasti lebih murah dong. 

4. dr Prima Progestian, SpOG, Klinik Permata Bintaro

Suatu hari, entah kenapa tiba-tiba pengin ke klinik ini lagi. Tadinya pengen ngecek apakah bu dokter Riyana udah kembali dari cuti melahirkan apa belom, dan kebetulan dokter ini lagi praktik. Somehow, dokter ini terkenal di jagat twitter karena banyak yang program hamil ke beliau. Berbekal "reputasi' tersebut, saya pun iseng mencoba. Hasilnya...err, kok agak kecewa, ahahah. Dokter ini tidak sekomunikatif dokter-dokter yang pernah saya coba, USG cuma liat-liat bentar (ya manalah kita ngerti itu gambar apa -__-), dan kunjungan kami kok terhitung sebentar banget bok, padahal billnya jadi mahal karena diresepin suplemen DHA. Hahaha, udah masuk faktor materiil karena baru ini bayar di kasir ngeluarin duit 500ribuan *lap keringet* Kami putuskan berhenti check up di sini deh, toh dokter yang dicari juga gak ada...selanjutnya, kami bakal selang-seling kontrol di bidan dan RS Sari Asih aja.

5. dr Surachman Hakim, SpOG, RSIA Tambak

which only happened two months later, coz i got two USG discount vouchers from this hospital *dasar murahan* Tapi mumpung ada voucher nihh, kan kita bisa liat adek bayi dalam 3D, 4D, atau malah 4DX kayak di bioskop, kakaaakk. Sayang voucher ini gak bisa dipake untuk semua dokter. Dokter-dokter cewek yang notabene favorit serumah sakit ga ada yang bisa! Apalagi 4D cuma direkomendasiin ketika usia 28-32 minggu plus dokternya cuma bisa di hari kerja. Sabtu itu kebetulan cuma dokter ini yang menerima voucher. Yowis lah, sebagai emak-emak modis (modal diskon) saya pun terima nasib ajah.

Dan ngomong-ngomong, saya gak kecewa kok karena dokter ini juga baik dan care banget. Beliau teliti mengukur setiap sudut saat USG, dan kitapun dijelaskan berat badan janin normalnya gimana. Print USG 3D-nya juga bagus dan jelasss, didukung oleh pose adek bayi yang saat itu pinter banget liat kamera! (anakku calon modis kayaknya *haru*) Aahhh, mengharu biru lah rasanya udah bisa liat penampakan jabang bayi yang gak cuma hitam putih doang. Total general pake diskon 50%, biaya konsul + 2 USG 2D hitam putih + 1 USG 3D berwarna habis 390ribu. Masih muraah kaan!

Oh iya bulan berikutnya kami ke dokter ini lagi, sekalian minta dibacain hasil urine dan darah dari Prodia (yang bayarnya didiskon 100rb karena dulu menang kuis ^^). Karena hasil USG 3D juga udah oke kamipun gak berniat mencoba 4D, biar jadi surprise aja besok. Eh ternyata mesinnya lagi gak bisa mengolah 3D. Huhuhuhu, sedihh, padahal ini kan kunjungan terakhir kami karena voucher diskonnya udah habis. Selain bayar biaya konsul dan USG 2D, saya juga diresepin vitamin dan antibiotik sehingga mesti bayar sekitar 300ribuan di kasir (tanpa diskon jadi 500ribuan).

Btw, kekurangan rumah sakit ini dibalik gembar-gembor soal pro ASI, pro IMD, pro normal, dan segala pro lainnya yang bikin hati tiap emak menjerit senang, adalah biayanya mahal cyin! Rate dokternya lebih tinggi, apalagi disini belom menerima askes. Jauh pula sik dari Bintaro. Ada temen yang cerita dia habis sekitar 700-800ribuan tiap kontrol ke sini dan saya cuma bisa meringis ngilu. Kalau gak ada voucher rasanya kok sayang yah, hahaha. Satu hal lagi yang agak mengganjal, dokternya kok gak ngisi buku catatan kehamilan akoh siiiih!! Beliau cuma nulis di catatan pribadi buat rumah sakit. Untung kehamilan saya gak ada masalah berarti, kalo ada kan dokter saya yang berikutnya jadi susah follow up perkembangan janin.

0 komentar:

Posting Komentar

 

brisk swish and a new day Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos