Kamis, 09 Januari 2014

hypnobirthing

Diposting oleh anindita di 20.29
courtesy of mbak evariny's instagram 

Di usia kehamilan 28 minggu lalu (21-22 Desember 2013), saya dan suami sepakat mengambil kelas hypnobirthing mbak Evariny di rumah beliau. Iya siih mahal, tapi dengan segala pertimbangan (mewujudkan persalinan yang normal, sehat, dan nyaman sekaligus menambah pengetahuan) kita pikir gak ada salahnya deh ikutan. Sebenarnya beli bukunya aja lebih murah, tapi buku-buku yang dibeli kemaren aja belom habis kebaca. Mending kita menyaksikan langsung deh, lebih tertanam kan ya kayaknya. Momennya pun terbilang pas, usia kehamilan saya udah cukup dan kami berdua juga lagi libur kuliah sehabis ujian. Terus, sepasang suami istri temen kantor kami yang juga sedang libur kuliah bisa ikutan, lumayan deh ada temennya. 

Selama 2 hari, kelas dimulai tepat pukul 8 pagi. Dan sebagai pasangan jam karet, sudah bisa ditebak kami datang terlambat mulu. Hari pertama cuma telat beberapa menit sih, cuma karena agak kesasar doang. Itupun datang-datang suami rada minder karena peserta yang lain kok bermobil semua, hahaha. Apa kabar kalo mereka tau saya dibonceng motor, model sport pula, dari Bintaro sampe Kelapa Gading? Maklum, temen-temen suami yang istrinya hamil, rata-rata pindah ke taksi kalo harus menempuh perjalanan begitu jauh. Ternyataaa, besoknya kita terpaksa naksi karena selain bangun kesiangan, cuaca lagi gerimis. Suami mana mau membonceng saya dalam keadaan begitu. Alhasil, telatnya hampir 30 menit aja doong.

Di hari pertama, kita belajar seputar teori dan sedikit contoh relaksasi. Kami dilatih mengendalikan alam bawah sadar melalui media pendulum. Teorinya, ada 10% orang yang alam bawah sadarnya sangat mudah dipengaruhi, 85% orang agak sulit, dan 5% lainnya terbilang sangat sulit dipengaruhi. Hal ini berhubungan dengan pengelolaan trauma loh. Yang lucu sih, suami saya waktu menggunakan pendulum, pendulumnya bisa bergerak paling liar di kelas dong, sementara saya kecil sekali pergerakannya. Kelihatannya suami saya emang tipe yang gampang dipengaruhi -__-

Hari kedua barulah diperkenalkan praktik, seperti pijat endorfin, rebozo sifting, dan menggunakan birthing ball. Oh iya, setiap pasangan juga dibekali botol kaca kecil berisi dua pendulum, flashdisk berisikan materi dan panduan hipnosis, dan virgin coconut oil untuk mempraktikkan pijat perineum. Yang istimewa, kami juga memperoleh buku Breast Friends gratis dari AIMI yang baru diluncurkan hari itu sebagai persembahan di perayaan Hari Ibu. Double yay!

0 komentar:

Posting Komentar

 

brisk swish and a new day Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos