Kamis, 09 Januari 2014

pemberdayaan diri selama masa kehamilan

Diposting oleh anindita di 19.58
Bokk, judulnya serius bener. Saya cuma mau ngasi review atas hal-hal yang saya lakuin selama kehamilan ini. Niatnya mulia bener yaaa padahal banyak yang sebenarnya hasil laper mata doang, ujung-ujungnya kok lebih enak googling daripada baca buku. Padahal kata dr Riyana dulu, lebih baik baca buku daripada baca di forum-forum atau asal googling, buku ada penyunting dan referensi data, forum bisa jadi cuma omong-omongan aja. Iya sih buk, tapi perempuan kan emang suka ngomong, hihihi. 

RAISING YOUR CHILD by Mehmet C. Oz, M.D. dan Michael F. Roizen, M.D.

Buku ini dibeli di acara book fair jauh sebelum tau saya hamil, jadi jatohnya murah. Mehmet Oz ini ya yang sering tampil di acara Oprah itu, dan buku ini bisa dibilang panduan paling lengkap yang pernah saya temukan dalam membahas perkembangan anak, mulai dari merawat bayi baru lahir, cara mendidik, cara membentuk kebiasaan baik, jenis imunisasi, cara melatih fisik anak lewat permainan sederhana, resep makanan, pertolongan pertama pada alergi dan masalah-masalah umum, dan lain-lain. Senang banget deh karena suami saya paling seneng baca buku ini kalo waktu luang *cium-cium*. 
Oh iya, karena yang saya beli adalah edisi berbahasa Indonesia, di dalamnya diselipkan info jadwal imunisasi oleh IDAI segala lo. Love love.


KITAB HAMIL TERLENGKAP (WHAT TO EXPECT WHEN YOU'RE EXPECTING) oleh Heidi Murkoff


Judul terjemahannya rada gak pas yah? Well, tanpa banyak penjelasan, buku ini populer di seluruh dunia dan bener-bener jadi kitab bagi para ibu hamil karena emang lengkap banget. Gak sekedar membahas perkembangan janin, tapi juga masa-masa persiapan kehamilan, melahirkan, sesudah persalinan, masalah-masalah kehamilan, dan juga jawaban atas pertanyaan dan mitos-mitos yang beredar di sekeliling kita. Isinya juga sesuai dengan perkembangan zaman, seperti bahasan tentang gentle birth, water birth, hypnobirthing, sampai painkiller saat persalinan juga ada. Minusnya mungkin di tataran bahasanya yang textbook alias minim gambar, jadi kadang-kadang saya gak mood bacanya, hihihi. Untungnya, buat orang-orang yang males baca, si tante Heidi Murkoff ini juga bikin layanan newsletter yang bakal dikirim langsung ke e-mail kita lo, tinggal berlangganan gratis di situs whattoexpect.com. Tapi bagi saya sih, membaca bukunya lebih memuaskan. Saya baru melongok situsnya buat liat-liat video doang.


SERI AYAHBUNDA: 9 BULAN YANG MENAKJUBKAN

Nah kalau buku ini sih, cocok buat yang menginginkan buku yang lebih berwarna dan penuh dengan gambar. Enak dibaca dan pengetahuan di dalamnya juga sudah cukup bermanfaat. Bisa dibilang, kamu bisa memilih mau beli buku yang ini atau What To Expect tadi karena kontennya berkisar di hal yang sama, cuma beda di detail informasi aja.



Selain membaca buku, saya juga coba gabung di grup facebook Gentle Birth Untuk Semua dan Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia. Well, membaca judul postingan yang masuk selain menyita waktu juga bikin siwer sih kalo bahasa yang dipakai alay x__x  jadi yang saya baca ya cuma file-file yang udah dikumpulkan saja, hihi. 

Naah, saya rasa membaca buku-buku ini udah cukup untuk membantu kita memberdayakan diri selama kehamilan. Ayolah, berinvestasi lewat pengetahuan tidak mahal kok :)

0 komentar:

Posting Komentar

 

brisk swish and a new day Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos